HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer
Pertanyaan

Metode Tarjih Imam Ibnu Hajar alHaitsami & Imam Romli

Jawaban:

 Diskursus Langgam Kontras Metode Tarjih Ibn Hajar al-Haitami dengan Imam Ramli


Meski magnum opus Ibn Hajr dan Imam Ramli bermuara pada turunan yang satu, pada banyak masalah Tuhfah al-Muhtaj dan Nihayah al-Muhtaj acap kali berbeda pendapat. Itu baru antara Tuhfah dan Nihayah. Tahu alasannya apa? Perbedaan metode tarjih adalah diantaranya. 


Saya tidak berani menghakimi salah satu. Tapi yang pasti, data kontrasnya begini;


Bagi Ibn Hajr, jika terjadi perbedaan pendapat ulama terdahulu, maka metode pertama yang ia gunakan adalah men-tarjih pendapat yang paling belakangan. Walau pendapat yang lebih awal bahkan disebut bahwa itulah yang rajih. 


Jika rekam waktu putusan pendapat-pendapat itu tidak diketahui, maka metode selajutnya adalah menelusuri pendapat mana yang pernah disebut rajih. Demikian kesaksian dalam Tuhfah al-Muhtaj, diantara metode tarjih Ibn Hajr. 


Sebalik dengan Ibn Hajr, Imam Ramli menempatkan metode kedua Ibn Hajr pada posisi pertama; telusuri dulu mana pendapat yang pernah disebut kuat. Jika tidak ada, baru kemudian pakai metode dengan melihat yang paling terakhir. Begitu yang terekam Nihayah al-Muhtaj Ibn Ramli. 


Demikian diantara langgam kontras metode tarjih Ibn Hajr dan Imam Ramli. 


Bukan satu ulama yang tidak sepakat dengan Ibn Hajr dalam ini. Diantaranya, Syihab Ibn Qasim yang meninggalkan "kritikan" dalam hasyiyahbya terhadap Tuhfah al-Muhtaj. Menurutnya, yang benar adalah sebaliknya. Sebagaimana metode Imam Ramli. 


Tapi ada sejumlah tumpulan catatan lain yang bisa meruntuhkan kritikan Ibn Qasim, bahkan sekaligus sebagai kritikan secara implisit terhadap metode Imam Ramli. 


Mengutip Jam'ul Jawami' "Jika ada dua nukilan pendapat imam yang berbeda maka yang terakhir adalah pendapatnya. Jika tidak, baru kemudian pendapat yang disebut atau terimplisit kuat adalah pendapatnya" 


Bahkan jika ke belakang lagi, metode yang dipakai Ibn Hajr itulah cara kitab-kitab mu'tamad dalam mazhab men-tarjih pendapat. Raudhah al-Thalibin dan Majmu' Syarh al-Muhazab Imam Nawawi misalnya, yang identik dengan istilah men-tarjih jadid daripada qadim. 


Selain itu, ada aturan dasar dalam hal ini yakni apabila mujtahid menyebut sebuah pendapat kuat maka itu adalah kuat menurut pendangannya saat itu. Bisa saja itu akan berubah. Jika ada pendapat kedua kemudian hari maka, pendapat ini bagaikan nasikh bagi pendapat pertama. 


Jadi tidak ada impack pen-tarjihan karena adanya lafad tarjih pada pendapat yang difatwa duluan. Ia tetap berlaku hukum mansukh jika terdapat fatwa baru. 


Ini baru satu diantara banyaknya perbedaan antara Ibn Hajr al-Haitami dengan Imam Ramli. 


Zulkarnaini Ar

Samalanga 10 Oktober 2024

Aqidah (24) Arbain (8) Distribusi (1) Fiqih (77) Hadist (34) Jenazah (4) Khotbah (1) Kisah Hikmah (11) Kisah Teladan (3) Kutipan (71) Pajak (5) Pasar (5) Pendidikan Islam (19) Penjualan (3) Pernikahan (5) Puasa (14) Qurban (1) Ramadhan (11) Segmentasi (1) Shalat (19) Soal Ekonomi (8) Soal PKn (5) Syubhat (5) Tafsir (5) Thaharah (1) Uraian (2) Zakat (1)