Macam-Macam Syirik
Assalamu'alaikum
Macam2 syirik itu ada 6:
1. Syirik istiqlal, yaitu menetapkan tuhan itu ada 2 yg berbeda, seperti syiriknya kaum majusi(penyembah api/matahari).
2. Syirik tab'idh, yaitu menetapkan tersusunya tuhan dari beberapa tuhan, seperti syiriknya kaun nasrani.
3. Syirik taqrib, yaitu menyembah kepada selain Allah dengan tujuan supaya bisa dekat kepada Allah, seperti syiriknya orang2 jahiliyah terdahulu.
4. Syirik taqlid, yaitu menyembah kepada selain Allah karena ikut2an orang lain, seperti syiriknya orang2 akhir dimasa jahiliyah.
5. Syirik asbab, yaitu menyandarkan efek sesuatu terhadap sebab2 kebiasaan2 yg sudah biasa terjadi, seperti syiriknya kaum falasifah dan kaum thoba'i'in dan orang2 yg mengikuti keyakinan mereka.
6. Syirik aghrodh, yaitu syirik beramal karena selain Allah.
Konsekwensi dari 6 macam2 syirik diatas berbeda2.
Nomer 1-4 ulama' sepakat menghukumi kufur.
Nomer 6 ulama' sepakat hukumnya ma'siat tapi tidak kufur.
Nomer 5 hukumnya ditafshil(diperinci):
- orang yg meyakini bahwa efek sesuatu tersebut adalah dari dzatiyahnya benda itu sendiri(tanpa ada campur tangan dari Allah) maka diriwayatkan bahwa ulama' sepakat menghukumi kufur orang tersebut.
- orang yg meyakini bahwa efek sesuatu tersebut adalah kekuatan dari Allah yg diletakkannya didalamnya, maka orang tersebut dihukumi fasiq dan mubtadi'(ahli bid'ah), sedangkan orang tersebut dihukumi kufur atau tidak, ada 2 pendapat.
______
Keterangan diatas dijadikan pengetahuan bagi diri kita masing2, bukan untuk menghukumi kufur orang lain.
Sebagaimana yg disampaikan imam qodhi iyadh.
وأنواع الشرك ستة : شرك استقلال وهو إثبات إلهَيْنِ مستقلين، كشرك المَجُوسِ.
وشرك تبعيض : وهو تركيب الإله من آلهة، كشرك النصارى.
وشرك تقريب : وهو عبادة غير الله تعالى ليقرب إلى الله تعالى زُلْفَى، كشرك متقدمي الجاهلية.
وشرك تقليد : وهو عبادة غير الله تعالى تبعاً للغير، كشرك متأخري الجاهلية.
وشرك الأسباب : وهو إسناد التأثير للأسباب العادية، كشرك الفلاسفة والطبائعيين، ومن تبعهم على ذلك.
وشرك الأغراض : وهو العمل لغير الله تعالى.
[شرح المقدمات ٦٩]
ص : وحكم الأربعة الأول : الكفر بالإجماع.
وحكم السادس : المعصية من غير كفر بالإجماع.
وحكم الخامس : التفصيل:
فمن قال في الأسباب العادية إنها تؤثر بطباعها، فقد حكى الإجماع على کفره.
ومن قال : تؤثر بُقُوَّةٍ أَودعها الله تعالى فيها، فهو فاسق مبتدع، وفي كفره قولان.
[شرح المقدمات ٨٠]
ثم قال القاضي بعد هذا : والصواب ترك إكفارهم، والإعراض عن الختم عليهم بالخسران، وإجراء أحكام الإسلام عليهم في قصاصهم، وموارثتهم، ومناكحاتهم، ودياتهم، والصلاة عليهم، ودفنهم في مقابر المسلمين، وسائر معاملاتهم.
[شرح المقدمات ٨٤]